Efek Positif dan Negatif Permainan Mandi Bola

Salah satu wahana permainan anak yang sangat digemari saat ini adalah permainan mandi bola. Sebagai orang tua, kita ingin agar anak kita mencoba berbagai jenis wahana yang ada bukan? apalagi jika anak kita ternyata menyukainya. Sungguh hati kita juga menjadi bahagia karenanya. Nah, bagaimana jika anda atau anak anda ingin mencoba wahana atau permainan mandi bola di tempat umum seperti mall, retoran dan tempat lainnya? tentu boleh-boleh saja, tapi alangkah baiknya untuk tahu lebih dulu apa saja sih efek atau akibat positif dan negatif nya permainan mandi bola?


Berikut adalah beberapa efek positif mandi bola :

1. Melatih syaraf motorik anak
Tubuh manusia terdiri dari syaraf sensorik dan motorik. Keduanya harus bekerja secara baik dan seimbang. Dalam wahana mandi bola, banyak nya bola yang ada di sekitar anak, akan menarik perhatian anak  kita hingga ia terpancing untuk meraih dan melempar bola-bola. Dari sinilah syaraf motorik anak kita bisa terlatih dengan baik sehingga anak kita bisa menjadi lebih lincah.

2. Mengenalkan warna dan bentuk benda
Bola-bola beraneka warna akan membuat anak kita mengenal macam-macam warna yang ada, selain itu bentuk bola yang bulat juga merupakan suatu tambahan wawasan kecil tersendiri bagi anak kita.

3. Menimbulkan keceriaan dalam jiwa anak
Dengan mandi bola, ia merasakan suatu suasana lain selain aktivitas mandi. Anak kita biasanya akan menjadi lebih suka tersenyum, tertawa dan lebih ceria.

Dan beberapa efek negatif mandi bola adalah sebagai berikut :

1. Memungkinkan terkena penyakit menular
Karena wahana mandi bola yang disediakan di tempat-tempat keramaian tidak hanya digunakan oleh satu atau dua orang anak, maka sangat mungkin wahana mandi bola tersebut bisa menjadi sarang penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja termasuk anak kita.

2. Kemungkinan adanya serangga atau ular
Wahana mandi bola di tempat umum seperti di mall, restoran, dan tempat keramaian lainnya biasanya akan dibersihkan secara berkala. Namun ada kalanya jika pengurus wahana mandi bola lengah, maka bisa saja serangga atau ular dapat masuk dan menyelinap diantara tumpukan bola-bola yang ada dan menggigit anak-anak kita yang tengah bermain.

Lalu apa solusinya?

Solusi terbaik adalah dengan membuat kolam mandi bola sendiri bagi anak kita di rumah. Dengan demikian kita tak perlu khawatir akan efek atau dampak negatif wahana mandi bola. Namun jika kita suatu saat kita ingin mengajak anak kita untuk mandi bola di tempat umum, maka pilihlah wahana mandi bola yang terjaga kebersihannya. Selain itu, segeralah mandikan anak kita sesudahnya dengan sabun anti bakteri. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Efek Positif dan Negatif Permainan Mandi Bola"

Posting Komentar

Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel