4 Jenis Peta Berdasarkan Skalanya

Jenis Peta Berdasarkan Skalanya_Peta tidaklah sama ukurannya. Ada peta berukuran besar dan ada peta yang berukuran kecil. Besar-kecilnya peta ditentukan oleh besar-kecilnya skala yang digunakan. Berdasarkan skalanya, peta dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu peta kadaster atau teknik, peta skala besar, peta skala menengah, dan peta skala kecil.

Penjelasan 4 Jenis Peta Berdasarkan Skalanya

1. Peta kadaster atau teknik 
Peta kadaster atau teknik adalah peta yang memiliki skala antara 1:100 sampai 1:5.000. Peta kadaster banyak terdapat di Departemen Dalam Negeri dan pada Dinas Agraria (Badan Pertanahan Nasional).

2. Peta skala besar 
Peta skala besar adalah peta yang memiliki skala 1:5.000 sampai 1:250.000 yang digunakan untuk menggambarkan wilayah yang sempit, seperti peta kelurahan dan peta kecamatan.

3. Peta skala menengah 
Peta skala menengah  adalah peta yang memiliki skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000 yang digunakan untuk menggambarkan daerah yang agak luas, seperti Peta Provinsi Jawa Tengah dan Peta Provinsi Maluku.

4. Peta skala kecil 
Peta skala kecil adalah peta yang memiliki skala 1:500.000 sampai 1:1.000.000 atau lebih yang digunakan untuk menggambarkan daerah yang relatif luas, seperti peta negara, benua, bahkan dunia.

Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Peta Berdasarkan Skalanya"

Posting Komentar

Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel