6 Asas Pemilu LUBER JURDIL dan Penjelasannya

Enam (6) Asas Pelaksanaan Pemilu di Indonesia_Dalam asas pelaksanaannya, Pemilu dilakukan dengan LUBER ( langsung, umum, bebas, rahasia ) dan JURDIL  (jujur, dan adil). Penjelasan dari asas pelaksanaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Langsung
Langsung artinya para warga negara yang telah memiliki hak pilih harus memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.

2. Umum
Umum artinya semua warga negara yang memenuhi persyaratan yang sesuai, berhak mengikuti Pemilu. Selain itu, umum juga memiliki pengertian memberi jaminan (kesempatan) secara menyeluruh bagi semua warga negara, tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, daerah, pekerjaan, maupun status sosial.

3. Bebas
Bebas berarti setiap warga negara yang telah mempunyai hak pilih, bebas menentukan pilihannya tanpa tekanan dan paksaan.

4. Rahasia
Rahasia artinya dalam memberikan suaranya, pemilih dijamin kerahasiaannya, tidak ada pihak lain yang mengetahui.

5. Jujur 
Jujurberarti semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu (aparat, pemerintah, pasangan calon (presiden dan wakil presiden) partai politik, tim kampanye, para pengawas, pemantau, dan lain-lain) harus bertindak jujur sesuai peraturan.

6. Adil 
Adil artinya dalam penyelenggaraannya Pemilu harus terhindar dari berbagai bentuk
kecurangan.

Belum ada Komentar untuk "6 Asas Pemilu LUBER JURDIL dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel