6 Fardhu Wudhu Lengkap dengan Penjelasannya

Enam (6) Fardhu Wudhu Lengkap dengan Penjelasannya_Menurut Kitab Safinah, Fardhu wudu ada 6 perkara yaitu (1) niat, (2) membasuh muka/wajah, (3) membasuh kedua tangan hingga siku, (4) mengusap sebagian kepala, (5) membasuh kedua kaki hingga mata kaki, dan (6) tertib/urutan.
6 Fardhu Wudhu Lengkap dengan Penjelasannya
Adapun penjelasan lengkap tentang fardhu wudhu, sebagai berikut.

1. Niat
Pengertian niat, tempatnya niat wudhu, dan pengertian tartib

Niat adalah menyengaja sesuatu bersamaan dengan mengerjakan sesuatu  (dalam hal ini adalah mengerjakan wudu). Adapun tempatnya niat yaitu ada di dalam hati.

Lafal/Lafadz Bacaan Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Terjemahnya: Saya niat berwudu untuk menghilangkan hadas kecil, fardu karena Allah Ta'ala
Hukum niat dan hukum membaca lafal niat wudhu
Hukumnya berniat dalam hati ketika wudhu adalah wajib, sedangkan hukum membaca bacaan niat wudhu hukumnya sunat/sunnah.

Kapan Niat Wudhu?
Waktu niat wudhu yaitu saat awal membasuh muka

Cara niat wudhu
Seperti keterangan di atas bahwa hukum melafalzkan bacaan niat wudhu adalah sunat, namun niat wudhu dalam hati hukumnya wajib karena niat merupakan fardu wudhu. Nah, cara agar kita bisa dapat melakukan keduanya yaitu dengan cara melafalkan/mengucapkan niat wudhu bahasa arab bersamaan dengan niat dalam hati berupa terjemahan lafal wudhu tersebut.

2. Membasuh muka
Fardhu wudu yang ke-2 adalah membasuh muka/wajah, adapun pengertian muka adalah bagian depan kepala, dari dahi atas sampai ke dagu dan antara anak telinga yang kanan sampai anak telinga yang kiri. Jika bagian atas depan kepalanya botak, maka bagian yang botak tersebut masih masuk kategori muka.

3. Membasuh kedua tangan sampai siku
Bagian tangan yang wajib dibasuh adalah mulai dari ujung kuku/jari beserta sela-sela/celah-celahnya hingga siku tangan dan/atau sebaliknya.

Untuk meyakinkan bahwa siku Anda terbasuh dengan sempurna, maka basuhlah sampai ke atas siku Anda.

4. Mengusap sebagian kepala
Yang dimaksud mengusap sebagian kepala yaitu mengusap/membasahi sebagian kepala dengan air. Adapun batasan bagian kepala yang dimaksud adalah bagian-bagian tempat yang ditumbuhi rambut kepala. Kita boleh memilih bagian mana yang akan diusap, namun mudahnya ya bagian depan atas.

5. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
Fardhu wudu yang kelima yaitu membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Batasannya yaitu mulai ujung kuku/jari kaki beserta celah-celahnya hingga mata kaki. Sebaiknya basuhlah sampai ke atas mata kaki, agar semua bagian mata kaki dapat terbasuh sempurna.

Nah, bagi Anda yang pernah melihat anak-anak yang dalam membasuh kaki dalam berwudhu sampai betis bahkan hingga lututnya, kalau ada kesempatan silakan beri pengertian pada mereka. Ya sah tetap sah, asalkan tidak menganggap bahwa membasuh kaki sampai betis maupun lutut itu termasuk fardhu wudhu.

6. Tertib/runtut/berurutan
Tartib artinya melakukan/mengerjakan fardhu wudhu yang ke-1 hingga ke-5 secara urut dan/atau tanpa dibolak-balik.

Materi terkait:
Demikian penjelasan tentang 6 Fardhu Wudhu. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Fardhu Wudhu Lengkap dengan Penjelasannya"

Posting Komentar

Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel