Cara Edit Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen 2019 Lewat Verval PD

Cara Edit Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen Lewat Verval PD_NISN, Nama Peserta Didik SD/SMP/SMA/SMK, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung Siswa di aplikasi Dapodikdasmen terkunci, artinya Operator Sekolah tidak dapat mengubah data tersebut lewat dapodik. Namun jangan panik, karena untuk mengedit Nama Peserta Didik, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung Siswa di dapodik dapat diedit melalui web VerVal Peserta Didik. Adapun untuk Tempat Lahir dan data Jenis Kelamin siswa dapat diedit lewat aplikasi dapodik 2019 maupun lewat VerVal PD.

Cara Edit Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen Lewat Verval PD:

Sebelum mengedit data di VerVal PD, jangan lupa siapkan dulu scan akta kelahiran siswa yang akan diedit, formal file JPG/JPEG/PNG dengan ukuran file kurang lebih 100 kb. Selanjutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Kunjungi http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ 
Login verval pd
Silakan login menggunakan username dan password sekolah Bapak/Ibu.

2. Arahkan Kursor ke menu "Edit Data" - "Pengajuan", kemudian Klik menu "Nama& Tanggal Lahir"
Arahkan Kursor ke menu "Edit Data" - "Pengajuan", kemudian Klik menu "Nama& Tanggal Lahir"
3. Klik "OK" pada Notifikasi Permintaan Koordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
Koordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Jika Bapak/Ibu sudah selesai dalam mengajukan perubahan data siswa, sebaiknya Bapak/Ibu segera menghubungi Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, agar pengajuan perubahan yang Anda ajukan bisa disetujui dengan cepat.

4. Pilih data siswa
Pilih Siswa
Silakan klik "Pilih Siswa"

5. Cari nama siswa yang datanya akan diedit, selanjutnya kliklah namanya sampai warna berubah menjadi biru, kemudian klik "OK"
Cari dan pilih nama siswa yang datanya akan diedit
6. Pengajuan Perubahan Nama dan Tanggal Lahir
Pengajuan Perubahan Nama dan Tanggal Lahir
Keterangan:

  • #1. Jika nama lama siswa masih salah, silakan isi nama siswa yang benar sesuai akta kelahiran pada kolom nama baru. Jika nama lama sudah benar, silakan isikan dengan nama tersebut pada kolom nama baru.
  • #2. Jika tanggal lahir lama masih salah, silakan isi tanggal lahir sesuai dengan akta kelahiran pada kolom tanggal lahir baru. Jika tanggal lahir sudah benar, maka pengisian tanggal lahir baru sama dengan tanggal lahir lama.
  • #3. Jika tempat lahir lama belum benar, silakan isi tanggal lahir baru dengan tempat lahir yang benar.
  • #4. Ubah jenis kelamin jika pada jenis kelamin lama masih salah.
  • #5. Jika data masih salah,  isi kolom Nama Ibu Kandung Baru dengan nama Ibu kandung sesuai pada akta keahiran siswa. Jika data dah benar, isikan dengan nama Ibu kandung lama.
  • #6. Unggah dokumen perubahan berupa scan akta kelahiran siswa. Jika tanda item merah maka file scan akta kelahirannya masih terlalu besar. Jika tanda item kuning berarti sudah memenuhi syarat, tunggu saja item kuning berubah menjadi hijau.
  • #7. Setelah item hijau, silakan Anda klik menu "Pengajuan Perubahan", tunggu proses loadaing sampai selesai.

Setelah proses pengajuan perubahan Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen Lewat Verval PD sudah selesai, maka untuk memastikan sudah disetujui oleh Operator Dinas Kab/Kota  atau belum, silakan cek status pengajuan secara berkala.

Adapun cara cek status peengajuan perubahan data siswa adalah dengan cara mengarahkan kursor ke menu "Edit Data", kemudian klik "Status"
cara cek status peengajuan perubahan data siswa
Jika pengajuan perubahan data siswa belum disetujui, keterangannya: Menunggu approval dari Dinas. Jika pengajuan perubahan data siswa sudah disetujui, keterangannya" Perubahan Nama & Tanggal Lahir berhasil".
Jika perubahan data sudah disetujui, sebaiknya Anda lakukan sinkronisasi dapodik agar data terbaru di verval PD bisa segera turun ke aplikasi dapodik.
Demikian Cara Mengubah Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen Lewat Verval PD. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Edit Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen 2019 Lewat Verval PD"

Posting Komentar

Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel