17.7.19

Cara Membuat Blog Gratis yang Menghasilkan Uang untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Update panduan membuat blog terbaru 2019 lengkap gambar_Pembaca mediailmupengetahuan.com, bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula ?...nah tentunya langkah awal untuk bisa menghasilkan uang dari blog adalah membuat blog. Sebagai calon Blogger Pemula, Anda bisa membuat blog menggunakan perangkat ngeblog (komputer/PC/Laptop/HP) di platform blogger.com tanpa dipungut biaya alias gratis selamanya. Adapun syarat utama membuat blog gratisan di blogger/blogspot yaitu Anda wajib memiliki akun google/email gmail (inicontoh@gmail.com). (baca Cara Terbaru Membuat Email Gmail). Setelah Anda punya email gmail, sekarang rencanakan dulu tentang tema atau topik materi/artikel apa yang akan Anda sampaikan lewat blog Anda nantinya.
cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
A. Teori Dasar Ngeblog yang Wajib Anda Ketahui
Sobat Calon Blogger, sebaiknya Anda jangan membuat blog sebelum Anda benar-benar yakin tentang penguasaan materi yang akan Anda sampaikan.

Seyogyanya, blog perdana Anda adalah blog yang berisi topik apa saja yang kiranya bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain. Jadi, pilihlah topik bahasan yang paling Anda sukai dan Anda kuasai ilmunya.

Perlu diketahui dan diperhatikan oleh Anda, bahwa kesalahan dalam menentukan pilihan topik blog akan membuat Anda repot dalam mengelolanya.

Nah, agar blog yang nanti Anda buat bisa dirawat dengan mudah dan dapat sebagai sarana untuk menghasilkan uang, coba kenali dulu jenis-jenis blog yang kiranya cocok bagi Anda, misalnya blog yang khusus membahas materi tertentu, seperti: blog teknologi, pendidikan, dan bisnis.

Misalkan Anda tentukan topik teknologi, maka teknologi pun masih punya cabang-cabangnya. dalam artian Anda bisa lebih mengkhususkan lagi, misalnya Anda ingin membahas khusus seputar HP, maka buatlah blog dengan judul dan alamat blog/URL yang tepat untuk materi HP.

Sebagai contoh, Anda hobi dan menguasai tentang teori/praktik mengoperasikan HP/Smartphone Android dengan berbagai merk, maka buatlah blog dengan judul (misal: Kursus Android) dan alamat blognya adalah kursusandroid.blogspot.com

Sampai di sini, Admin yakin bahwa Anda sudah punya gambaran tentang teori dasar membuat blog di blogger.com, sehingga Admin yakin Anda bisa punya ide yang baik tentang topik blog.

Nah, membuat blog dengan topik khusus adalah salah satu alternatif untuk Anda terapkan, karena blog dengan bahasan khusus lebih mudah dikelola dan berpotensi untuk menghasilkan banyak uang.

Namun demikian, jika memang Anda belum punya ide membuat blog khusus, Anda juga bisa membuat blog yang sifatnya umum.

Anda bisa membuat blog dengan judul dan URL menggunakan nama Anda, sehingga isi blognya nantinya bisa diisi materi campuran, misalnya diisi artikel yang berupa informasi, cerita, tutorial, dan lain sebagainya.

Itu saja tentang persiapan tentang memahami pengetahuan blogging sebelum Anda membuat blog di blogger.com, jika ada yang perlu ditanyakan, silakan tanyakan lewat kolom komentar.

B. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com
Untuk membuat blog gratis, Anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah membuat blog, sebagai berikut.

1. Kunjungi/klik  www.blogger.com , kemudian klik "CREATE YOUR BLOG"

Create Your Blog

2.  Pilih email Gmail Anda yang akan digunakan untuk membuat blog
Pilih email Gmail Anda yang akan digunakan untuk membuat blog
3. Masukkan password/kata sandi email gmail Anda, kemudian klik "NEXT"
Masukkan password-kata sandi email gmail Anda kemudian klik NEXT

4. Buatlah Profil Blogger, kemudian klik "Lanjutkan ke Blogger"!
Buatlah Profil Blogger kemudian klik Lanjutkan ke Blogger
5. Klik "Buat Blog Baru"
Setelah Anda selesai membuat profil Blogger, maka akan tampil tayangan gambar seperti di bawah ini. Silakan klik menu "Buat Blog Baru"
buat blog baru


6. Buat Blog
Panduan membuat blog baru di blogger

Keterangan: 
  • a. Judul blog: silakan isi judul blog sesuai yang Anda inginkan. Sebaiknya penulisan judul blog sesuai dengan cara penulisan yang baku. Jika judul blog terdiri dari 2 kata, maka gunakan huruf kapital pada awal kata, jangan lupa pakai spasi juga. 
  • b. Alamat : diisi sama dengan judul blog, namun tidak boleh pakai spasi. Gunakan huruf kecil semua. Pembuatan alamat blog/URL sebaiknya sama persis dengan judul blog, jika memang URL masih tersedia, jika tidak tersedia Anda bisa melakukan coba-coba mengarang alamat blog. 
  • c. Tema/Template Dalam dunia Blogging, tema sama dengan template (bukan tema = topik), gampangnya tema adalah kerangka tampilan blog. Nah, untuk memilih tema/template blog, silakan klik salah satu dari pilihan template yang tersedia
  • d. Silakan klik "Buat blog !" 
7. Pembuatan blog selesai
Untuk mengecek tampilan blog baru Anda, silakan klik "Lihat blog".

Contoh tampilan blog baru:
Contoh tampilan blog baru

Setelah Anda selesai membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah membuat deskripsi blog dan tag meta deskripsi, adapun caranya cukup mudah, silakan baca panduannya lewat link di bawah ini:
Sahabat Blogger, setelah Anda membuat deskripsi dan tag meta deskripsi, silakan Anda lakukan pengaturan pada dasbor blogger, dari Pengaturan/Setelan ke-1 Dasbor Blogger dan seterusnya, silakan baca Panduan Ngeblog lewat link di bawah ini:
C. Cara Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula 
Setelah Anda selesai membuat blog, di mana langkah-langkah membuat blog sangatlah mudah. Admin yakin, Anda bisa membuat blog dengan hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit. 

Nah sekarang, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?,,,wah Admin rasa setelah blog Anda jadi,,,berarti Anda sudah melakukan proses langkah awal Anda dalam memulai merencanakan mencari uang di internet lewat blog. 

Artinya: jangan tergesa-gesa untuk bisa menghasilkan uang dari blog. 

Urus dengan Baik Blog Anda, sebelum Dimanfaatkan untuk Menghasilkan Uang !

 "Sebelum Blog Anda Terawat dengan Baik, Syogyanya LUPAKAN DULU KEINGINAN atau TUJUAN ANDA untuk Menghasilkan Uang dari BLOG" 

Hal PENTING yang harus Anda lakukan adalah mengelola blog Anda, misalnya melakukan pengelolaan di dasbor blogger, rajin membuat artikel yang berkualitas bagus, rajin belajar tentang teori maupun teknis mengelola blog. 

Oh ya sob, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, sebaiknya Anda jangan memakai domain gratisan, yah modal dikitlah untuk membeli domain yang sangat populer dan cocok digunakan sebagai alat pendukung blog Anda lebih cepat bagus kualitasnya. 

Domain apa itu ?, ya domain dot com. Jadi, Anda bisa membeli domain .com dengan harga murah, setelah itu gantilah domain blogspot Anda menjadi .com. Baca: Cara Membeli Domain Com

Demikian tentang Cara Membuat Blog Gratis yang Menghasilkan Uang bagi Pemula. Semoga saat Anda berkunjung ke blog ini lagi, blog Anda sudah cukup banyak artikelnya dan memenuhi syarat untuk bisa dijadikan alat mencari uang di internet. Semoga juga, kunjungan Anda berikutnya, di blog ini sudah ada bahasan lanjutan tentang trik mendapatkan uang dari blog. Semangat dan selamat menjadi Blogger Pemula, semoga sukses.
\

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top