23.12.18

Mengapa Tanggal 15 Januari Diperingati sebagai Hari Dharma Samudera ?

Mengapa Setiap Tanggal 15 Januari Diperingati sebagai Hari Dharma Samudera ?_Setiap tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera karena untuk memperingati peristiwa pertempuraan antara Indonesia dengan Belanda di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962.  Pada pertempuran ini Indonesia mengerahkan TNI Angkatan Laut dengan fasilitas 3 kapal perang RI yakni Kapal Perang RI Macan Tutul, Kapal Perang RI Macan Kumbang, dan Kapal Perang RI Harimau.

Pertempuran melawan Belanda ini dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (Sopa).

Bersama awak kapal perang RI Macan Tutul guna melakukan misi operasi Dwikora pembebasan Irian Barat, Yos Sudarso dengan gigih berjuang dan mengobarkan semangat perjuangan. Misi tersebut merupakan bagian dari Operasi Trikora yang didengungkan oleh Bung Karno pada 19 Desember 1961. Isi seruan itu ialah kibarkan Sang saka marah putih di Irian, Gagalkan pembentukan negara boneka Papua oleh Belanda, dan bersiaplah untuk mobilisasi umum guna menjaga persatuan dan kesatuan. Namun pada peristiwa tersebut, KRI Macan Tutul tenggelam yang berakibat  Yos Sudarso beserta 25 awak kapal gugur sebagai kusuma bangsa. Sesaat sebelum Kapal Perang Macan Tutul tenggelam, melalui radio telefoni, Yos Sudarso menyampaikan pesan tempurnya yang terakhir yakni “Kobarkan Semangat Pertempuran” .
\

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top