Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013/Kurtilas/K13 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2019/2020 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan: Subtema 1 ( Rukun dalam Perbedaan ), Subtema 2 ( Bekerja Sama Mencapai Tujuan ), dan Subtema 3 ( Bersatu Kita Teguh )_Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Kelas 6 Semester 1 terdiri dari 5 tema (Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Tema 4 Globalisasi, dan Tema 5 Wirausaha)

Buku Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan terdiri atas 2 buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.

A. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Buku Guru Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Tentang Buku Guru
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.

1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.

2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.

3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.

4. Berbagai teknik penilaian siswa.

5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.

6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.

7. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran dibuku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
  • Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  • Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  • Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  • Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  • Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  • Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
B. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Buku Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Silakan: Baca Buku Online atau Download Buku Siswa  Kelas 6 K13 Revisi 2018 Tema 2 (File PDF)

Tentang Buku Siswa
1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Pada setiap akhir pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.

9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

C. Pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) dalam Buku Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 2 ( Persatuan dalam Perbedaan ) :

Pemetaan Kompetensi Dasar PPKn :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Pemetaan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia :
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Pemetaan Kompetensi Dasar Matematika :
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Pemetaan Kompetensi Dasar IPA :
3.3. Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.

Pemetaan Kompetensi Dasar IPS :
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Pemetaan Kompetensi Dasar PJOK:
3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.

Pemetaan Kompetensi Dasar SBdP :
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.

Cek juga: