13.7.19

Pengertian Pasar Nyata, Tidak Nyata, Tradisional, dan Modern

Pengertian Pasar Nyata, Tidak Nyata, Tradisional, dan Modern_Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Untuk melakukan transaksi jual beli. Pasar menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Pasar terdiri atas beberapa jenis.

A. Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Keberadaan Barangnya
Berdasarkan keberadaan barangnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu pasar nyata dan tidak nyata.

1. Pengertian Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar yang melakukan transaksi langsung. Pasar nyata barang berada langsung di penjual. Barang-barang tersebut dipajang supaya menarik. Hal ini bertujuan menarik minat pembeli. Agar pembeli mau membeli barang.

2. Pengertian Pasar Tidak Nyata
Pasar tidak nyata hanya menunjukkan contoh barangnya. Barang diperlihatkan bila terjadi pembelian. Tawar menawar dapat dilakukan langsung maupun tidak langsung.

B. Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Sifatnya
Berdasarkan sifat pasarnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan modern.

1. Pengertian Pasar Tradisional
Pasar tradisional terjadi tanpa disengaja. Pada pasar ini, transaksi secara tradisional. Artinya, masih terjadi tawar menawar. Pasar tradisional bangunannya tidak rapi. Selain itu, bangunan tidak permanen.

2. Pengertian Pasar Modern
Pasar modern atau pasar swalayan (supermarket). Saat ini, pasar modern jumlahnya semakin bertambah. Pasar swalayan semakin banyak ditemui. Pada pasar swalayan pembeli melayani sendiri. Selain itu, tidak terjadi tawar menawar. Pada pasar modern bangunannya permanen dan rapi.
\

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top