17.5.19

6 atau 7 Tahun Batas Usia Minimal Anak Masuk SD 2019/2020 ?, Ini Persyaratan Calon Peserta Didik Baru Kelas 1 SD Sesuai Aturan Terbaru Kemendikbud ...

Berapa Usia/Umur Minimal Anak untuk Dapat Mendaftar dan Diterima Masuk Menjadi Siswa  Kelas 1 SD/MI pada Tahun Pelajaran 2019/2020?_Berdasarkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK/SD/SMP/SMA/SMK, pada pasal 7 disebutkan bahwa batas umur minimal anak masuk kelas 1 SD yaitu 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan/atau 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan khusus bagi calon siswa yang mempunyai potensi kesecradasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
Batas Usia Minimal Anak Masuk SD 2019-2020

Bunyi Pasal 7 Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018:

(1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia:
a. 7 (tujuh) tahun; atau
b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
(2) Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
(3) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

(4) Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.

Empat (4) alasan batas umur anak masuk SD ditetapkan minimal 6 tahun
alasan batas umur anak masuk SD ditetapkan minimal 6 tahun
1. Aspek Fisik
Di usia 6-7 tahun, anak dianggap sudah siap secara fisik. Gerakan motorik anak sudah lebih bagus. Otot dan syarafnya juga sudah terbentuk.

2. Aspek Psikologis
Dalam teori perkembangan, anak mulai bisa berkosentrasi dengan baik pada usia di atas 6 tahun.

3. Aspek Kognitif
Saat akan masuk SD, anak diharapkan sudah siap menerima pelajaran membaca, menulis, dan berhitung.

4. Aspek Emosi
Umumnya pada usia tersebut, anak sudah memiliki kematangan emosi dan kemandirian.

Demikian tentang Batas Umur Minimal Anak Masuk Kelas 1 SD dan Alasan Mengapa Usia Minimal Calon Peserta Didik Baru SD Kelas 1 Ditetapkan 6 Tahun. Semoga bermanfaat.
\

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top