Media Ilmu Pengetahuan

Blog Media Pendidikan-Ilmu Pengetahuan-Teknologi Informasi-Tips Trik Komputer, Dapodik, Bisnis, dll

Cara Mengisi Waktu Penyelenggaraan, Hari Libur, Jam Kerja, dan Jam Istirahat di Menu Operasional Sekolah DHGTK Online Versi 2 ( V.2.1 ) 2019/2020

Cara Mengisi/Menginput/Memasukkan/Mengatur Waktu Penyelenggaraan, Hari Libur Kerja, Jam Kerja, dan Jam Istirahat pada Kelengkapan Sekolah Menu Operasional Sekolah pada Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Versi 2 (DHGTK V.2.1) 2019 Tahun Pelajaran 2019/2020 Online di  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ 

Sahabat Operator Sekolah, berikut ini langkah-langkah mengerjakan DHGTK Online versi 2 untuk kelengkapan sekolah menu "Operasional Sekolah" yang memuat tentang waktu penyelenggaraan, hari libur kerja, jam kerja, dan jam istirahat. Adapun sebelum memulai pengisian, siapkan dulu jadwal pelajaran sekolah Bapak/Ibu.

Cara Mengisi Waktu Penyelenggaraan, Hari Libur, Jam Kerja, dan Jam Istirahat di Menu Operasional Sekolah DHGTK Online Versi 2 ( V.2.1 ) 2019/2020:

1. Login sekolah di  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/ 

2. Isikan data pada menu kelengkapan sekolah, dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Cara Mengisi Waktu Penyelenggaraan, Hari Libur, Jam Kerja, dan Jam Istirahat di Menu Operasional Sekolah DHGTK Online Versi 2 -v2 2018

a. Klik menu "Kelengkapan Sekolah"

b. Klik menu "Operasional Sekolah"

c. Cara mengisi waktu penyelenggaraan sekolah di Aplikasi DHGTK
Untuk mengisi waktu penyelenggaraan sekolah, silakan klik item yang sesuai dengan sekolah Anda, pilih Lima Hari Kerja dan/atau Enam Hari Kerja

d. Cara Mengisi Hari Libur Kerja di DHGTK Online
Silakan klik saja item yang sesuai, pilih Minggu/Jumat/Sabtu-Minggu/Jumat-Sabtu

e. Cara Mengisi/Menginput Jam Kerja di DHGTK Online V.2.1
Untuk mengisi jam kerja di DHGTK, silakan masukkan jam dimulai pelajaran dari jam ke-1 sampai terakhir, sesuaikan dengan pergantian jam pada  jadwal pelajaran di sekolah Anda ( jika antara jam sebelum dan sesudahnya ada jam istirahat, silakan sesuaikan ) baik yang menggunakan kurikulum 2006 maupun 2013.

Sahabat Petugas/Pengisi Absen Online di DHGTK, perlu Admin sampaikan di sini bahwa sebagian Operator Sekolah mengalamai kendala dalam memasukkan pukul/jam pelajaran pada kotak jam kerja, dikarenakan mereka belum mengetahui tekniknya.

Adapun masalah yang dialami, misalnya: angka sudah dimasukkan di kotak jam ke-1, misalnya 07:00 tetapi saat pindah ke kotak jam ke-2 ternyata angka yang dalam kotak jam ke-1 sudah berubah kembali ke 00:00.

Nah, di sini Admin sampaikan tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut sehingga angka jam kerja bisa tersimpan/tidak hilang.

Begini Cara Mengisi/Menginput Jam Kerja di DHGTK Online V.2 dengan Benar dan Dapat Tersimpan:
Cara Mengisi/Menginput Jam Kerja di DHGTK
Solusi agar jam kerja DHGTK bisa tersimpan adalah dengan memasukkan angka jam pelajaran dimulai pada kotak jam ke-1dengan ketik manual, gunakan format 07:00, kemudian tekan tombol "Tab" pada keyboard laptop Anda, maka angka tersebut akan tersimpan dan lanjutkan pengisian jam ke-2, ke-3, dan seterusnya sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah Anda. Dalam artian, data angka Anda tidak akan tersimpan jika Anda dalam pindah dari kolom jam ke-1 ke yang lainnya dan seterusnya dengan cara menggeser kursor. Jadi Anda wajib menggunakan tombol "Tab".

f. Cara Mengisi/Menginput Jam Istirahat di DHGTK Online V.2.1
Isi sesuai dengan jam istirahat, jika ada dua kali istirahat diisi semua, jika hanya satu kali istirahat abaikan isian istirahat kedua.

Adapun teknik pengisiannya sama dengan menginput jam kerja yakni tekan tombol "Tab" setelah selesai memasukkan angka pada kotak "keluar istirahat jam pertama" dan seterusnya.

Setelah Anda selesai menginputkan data seperti pada langkah di atas, silakan klik tombol "Simpan" yang terletak pada bagian kanan bawah halaman tersebut.

Demikian Cara Mengisi Waktu Penyelenggaraan, Hari Libur, Jam Kerja, dan Jam Istirahat di Menu Operasional Sekolah DHGTK Online Versi 2 ( V.2.1 ) 2019/2020. Semoga berhasil.
Show Comments