Dalam hidup kita di zaman sekarang ini, memiliki uang adalah hal yang sangat penting. Orang yang mengatakan bahwa uang tidak begitu penting, pastilah belum pernah merasakan tidak punya uang dalam waktu yang lama. Bagaimana pun, kita membutuhkan uang sebagai sarana memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sekarang bukanlah zaman barter dimana orang dengan mudah bertukar barang yang dibutuhkan, sekarang juga bukan zaman nomaden dimana kita bisa berpindah tempat semau kita tanpa ongkos perjalanan yang membutuhkan uang.
Pentingnya Uang

Ya, uang sangat penting untuk menunjang hidup dan hidup lebih penting dari sekadar uang. Maksud saya adalah kita tetap membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup, itu sebabnya dikatakan bahwa uang penting untuk menunjang hidup. Dan saya katakan bahwa hidup lebih penting dari sekadar uang adalah  bahwa jangan sampai waktu hidup kita dihabiskan hanya untuk mencari dan mengumpulkan uang seumur  hidup kita. Bukankah banyak hal penting dalam hidup kita yang harus kita lakukan daripada hanya pergi mencari uang?.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan?
Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan bekerja atau berbisnis untuk mengumpulkan uang dan kemudian belajar berinvestasi. Investasi lah yang nantinya memberikan kita aliran uang atau cashflow untuk mencukupi kebutuhan kita saat kita tak mau atau tak mampu lagi bekerja untuk mencari uang.

Jika saat ini kita memiliki cukup banyak uang, belikanlah aset yang berharga misalnya rumah atau tanah. Rumah yang kita beli bisa kita gunakan sendiri atau kita sewakan kepada orang lain. Tanah yang kita beli bisa kita gunakan untuk berkebun, menanam padi, atau menyewakannya kepada orang lain. Dengan menyewakan rumah atau tanah, kita bisa mendapatkan pemasukan pasif atau pemasukan berupa uang tanpa kita bekerja.

Jangan kita menghabiskan uang yang kita miliki dengan asumsi bahwa jika nanti uang kita habis, kita tinggal bekerja lagi. Bagaimana jika setelah uang anda habis, anda kemudian jatuh sakit dan tidak bisa bekerja, ataukah anda akan tetap bekerja dalam keadaan sakit?

Jadi saya ingin mengatakan sekali lagi bahwa uang itu adalah penting. Untuk itu gunakanlah uang dengan bijaksana. Semoga bermanfaat.