Cara‌ ‌Gampang Mengerjakan‌ ‌Aritmatika‌ ‌Sosial dan Geometri

 Matematika kerap menjadi momok menakutkan bagi pelajar karena materi di dalamnya yang memerlukan kemampuan berhitung dan terbilang sulit. Salah satu materi yang sering dikatakan sulit yaitu pelajaran tentang aritmatika karena berisikan perpaduan angka dan huruf. Jangan khawatir, ada cara mengerjakan aritmatika dengan mudah tanpa perlu pusing dalam prosesnya.

Cara‌ ‌Gampang Mengerjakan‌ ‌Aritmatika‌ ‌Sosial dan Geometri

Ketika sebuah operasi bilangan memiliki perpaduan huruf tertentu di dalamnya maka matematika dianggap tidak lagi menyenangkan. Banyak orang terlalu berfokus pada soal yang tampak rumit dan semakin beragam padahal dari segi penyelesaian sering tampak mudah.

Langkah-Langkah Pengerjaan

Di dalam aritmatika, ada berbagai jenis aritmatika dimana langkah yang perlu dilakukan pun beragam sesuai apa yang ada di soal. Aritmatika sering digabung dengan sebuah soal cerita atau geometri, ini tipsnya:

1. Tentukan Harga Pembelian

Langkah pertama dalam melakukan operasi hitung di dalam sebuah aritmatika sosial yaitu menentukan terlebih dulu harga pembelian. Harga pembelian harus dicari di awal karena ini biasanya menjadi sebuah inti dari transaksi yang terjadi.

Harga pembelian bersih adalah apa yang dicari dimana ketika soal terdapat sebuah diskon tertentu dalam pembelian maka selesaikan operasi tersebut. Terkadang di beberapa soal bahkan berkaitan dengan tambahan harga karena pajak atau biaya lain, carilah harga pembelian bersih yang dibebankan.

2. Tentukan Harga Penjualan

Selanjutnya setelah mendapatkan harga beli total, maka tugas dari pelajar selanjutnya yaitu menentukan harga penjualan. Harga yang dimaksud yaitu harga jual akhir yang akan dipatok untuk sebuah produk tertentu. Penentuan harga di sini masih belum dengan total keuntungan yang diharapkan akan diraih, jadi ini masih bersifat penjualan bersih saja.

Harga tersebut harus sudah termasuk ke dalam diskon yang akan diberikan pada pelanggan maupun pajak yang berlaku. Soal ini aritmatika tipe ini mirip dengan keadaan jual beli dunia nyata yang memang memerlukan ketelitian sedikit lebih tinggi.

3. Menentukan Keuntungan

Ketika sudah ditemukan banyak modal yang dihabiskan untuk sebuah barang maka langkah selanjutnya yaitu menentukan keuntungan. Keuntungan disini disesuaikan dengan keinginan dari soal yang angkanya harus lebih besar dari yang terdapat pada penjualan bersih.

Keterangan target keuntungan di dalam soal yang ada kemudian dikalikan dengan patokan harga bersih yang sudah dihitung sebelumnya. Penghitungan ini sering menjadi langkah terakhir dalam sebuah cara mengerjakan aritmatika sosial tentang perdagangan di buku.

Penyelesaian Aritmatika geometri

Sedikit berbeda dengan aritmatika sosial, pada aritmatika geometri memerlukan sedikit kecerdikan dari pelajar. Secara kasar, ada beberapa tips dalam pengerjaan supaya lebih mudah, berikut tipsnya:

1. Samakan Angka di Depan Sebuah Huruf

Poin penting pertama dalam aritmatika geometri yaitu bagaimana menyamakan angka yang berada di depan sebuah huruf yang sama. Cara paling mudah yaitu dengan mengalikan angka dengan huruf yang sama di persamaan satu dengan angka di persamaan yang lainnya.

2. Lakukan Eliminasi

Setelah berhasil memberikan angka yang sama di sebuah huruf dalam persamaan aritmatika, maka langkah selanjutnya yaitu eliminasi. Eliminasi ini memakai prinsip pengurangan dimana kedua persamaan dikurangkan sehingga terdapat satu huruf yang bernilai nol.

3. Tentukan Nilai Huruf

Langkah terakhir yang perlu ditempuh hanyalah dengan menentukan nilai huruf akhir yang dilakukan dengan cara pembagian saja. Setelah ditemukan nilai sebuah huruf maka pelajar perlu memasukkan angka tersebut ke persamaan dan operasikan hingga mendapat nilai huruf lainnya.

Itulah dia cara mengerjakan aritmatika dengan tipe soal transaksi jual beli maupun aritmatika geometri dengan penghitungan. Aritmatika adalah pelajaran gampang-gampang sulit, cukup pastikan perhatian pada penghitungan yang dilakukan agar tidak salah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel