5 Cara Mudah Mengerjakan Soal Cerita Matematika

 Pembelajaran mata pelajaran matematika menurut sebagian pelajar tentunya sangat sulit untuk dikerjakan dengan  berbagai variasi soal yang ada. Karena dalam mata pelajaran ini terdiri dalam berbagai jenis soal yang harus dikerjakan, salah satunya soal cerita. Memang cara mengerjakan soal cerita matematika termasuk susah-susah gampang bagi sebagian siswa.

5 Cara Mudah Mengerjakan Soal Cerita Matematika

Apa Itu Soal Cerita Matematika?

Soal cerita matematika dapat diartikan sebagai salah satu soal yang disajikan dengan berbentuk cerita pendek. Dimana isi dari cerita tersebut mempunyai kaitan dengan kehidupan sehari-hari dari siswa. Nantinya kalimat yang akan dituturkan dalam soal ini hanya menggunakan kalimat sehari-hari. Dengan tujuan agar siswa mudah memahami maksud soal tersebut.

Meskipun kalimat yang digunakan adalah kalimat sehari-hari, namun kalimat tersebut tentunya mempunyai makna tertentu. Dimana makna yang dimaksud ini biasanya dinyatakan dalam bentuk simbol matematika maupun relasi matematika. Bahkan tujuan dari pembuatan soal cerita ini agar dapat diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-harinya.

Bukan hanya itu saja, ternyata manfaat dari soal cerita ini juga mampu dalam mengembangkan keterampilan matematika yang dimiliki. Siswa tersebut juga bisa memperkuat mengenai pemahaman yang dimiliki terkait bagaimana konsep matematika sebenarnya. Cara mengerjakan soal ini pun tentunya tidak sulit dan juga tidak mudah.

Bagaimana Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika?

Seperti yang diketahui bahwa untuk mengerjakan soal cerita dalam mata pelajaran matematika tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Dimana sebelum mengerjakan soal, pemahaman terhadap soal harus benar-benar diketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap terkait dengan cara mengerjakan soal cerita matematika dengan mudah:

1. Memahami Maksud Soal

Langkah yang dapat dilakukan terlebih dahulu adalah membaca berulang kali untuk memahami apa maksud dari soal. Memang poin inilah yang sangat penting untuk mengerjakan soal cerita. Apabila siswa sudah mengetahui apa maksud dari soal ini dan rumus apa yang diinginkan tentunya sangat mudah untuk mengerjakan soal tersebut.

2. Mengubah Bentuk Soal

Maksud dari mengubah bentuk soal ini adalah seorang siswa harus mengetahui apa yang diketahui dari soal tersebut. Selain itu, seorang siswa sangat wajib untuk mengetahui tentang apa yang ditanyakan atau rumus yang digunakan soal. Setelah itu, lakukan tahap penyelesaian atau jawaban menggunakan kalimat matematika atau rumus yang ada. Memang hal ini sangat mempermudah dalam menjawab soal.

3. Melakukan Latihan

Dengan melakukan latihan untuk menjawab soal cerita tersebut tentu dapat memudahkan siswa nantinya dalam mengerjakan soal. Sehingga setelah membaca soal cerita yang diberikan tentunya secara otomatis siswa akan langsung mengerjakan soal tersebut. Hal ini disebabkan karena seorang siswa sudah terbiasa dengan latihan yang dilakukan.

4. Selalu Fokus atau Konsentrasi

Apabila seseorang mengerjakan soal tentunya tidak lepas dari konsentrasi yang harus dimiliki oleh siswa. Jika siswa tersebut tidak fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan soal ini tentunya soal tersebut dianggap sangat sulit. Olehnya itu, sebelum mengerjakan tugas terkait soal cerita matematika terlebih dahulu harus mempunyai titik fokus yang tinggi.

5. Selalu Teliti

Di samping mempunyai titik fokus atau konsentrasi yang tinggi, dalam mengerjakan soal cerita juga harus teliti. Mengapa demikian? Apabila tidak teliti maka seseorang tidak dapat menemukan rumus sebenarnya yang harus digunakan. Hal ini disebabkan karena banyaknya soal cerita yang mengecoh sehingga harus benar-benar teliti untuk menentukan rumus yang digunakan.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan pengertian dari soal cerita dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, ada juga beberapa cara mengerjakan soal cerita matematika yang harus dilakukan agar tidak kesulitan dalam menjawab soal. Memang beberapa cara yang dilakukan tersebut dapat memudahkan siswa untuk mengerjakan soal cerita dengan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel