Berbagai Penyebab Terjadinya Tsunami

 Berbagai Penyebab Terjadinya Tsunami_Tsunami dapat disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, tanah longsor di dasar laut, letusan gunung api dasar laut, dan akibat jatuhnya meteor. Tsunami yang sering terjadi adalah akibat gempa bumi di dasar laut. Adapun tsunami yang disebabkan oleh faktor tanah longsor di dasar laut, letusan gunung api di dasar laut, akibat jatuhnya meteor jarang terjadi.

Berbagai Penyebab Terjadinya Tsunami

Tsunami yang Disebabkan oleh Gempa Bumi

Tidak semua gempa bumi mengakibatkan terbentuknya tsunami. Tanda-tanda terjadinya tsunami akibat gempabumi adalah:

1. Pusat gempa terjadi di dasar laut

2. Kedalaman pusat gempa kurang dari 60 km


Contoh Bencana Tsunami Akibat Gempa Bumi

Pada tanggal 26 Desember 2004, gempabumi dengan kekuatan 9 Skala Richter di kedalaman 30 km dasar laut sebelah baratdaya Aceh membangkitkan gelombang tsunami dengan kecepatan awal sekitar 700 km/jam. Gelombang ini menjalar ke segala arah dari pusat tsunami dan menyapu wilayah Aceh dan Sumatera Utara dengan kecepatan antara 15 - 40 km per jam dan tinggi gelombang 2 hingga 48 meter. Korban jiwa mencapai 250.000 orang lebih. Dalam 3 jam setelah gempabumi, negara-negara di kawasan Samudera Hindia juga terkena tsunami. 

Contoh Bencana Tsunami Akibat Letusan Gunungapi

Tahun 1883, letusan Gunung Krakatau di Indonesia mengakibatkan Tsunami yang dahsyat. Ketika gelombangnya menyapu pantai Lampung dan Banten, kira-kira 5000 kapal hancur dan menenggelamkan banyak pulau kecil. Gelombang setinggi 12 lantai gedung ini, kirakira 40 m, menghancurkan hampir 300 perkampungan dan menewaskan lebih dari 36000 orang. 

Contoh Bencana Tsunami Akibat Tanah Longsor

Sekitar 81 juta ton es dan batuan jatuh ke Teluk Lituya di Alaska tahun 1958. Longsoran ini terjadi karena guncangan gempabumi sebelumnya. Gelombang tsunami yang terbentuk akibat longsoran ini menjalar cepat sepanjang teluk. Tinggi gelombangnya mencapai 350-500 m saat melanda lereng-lereng gunung dan menyapu pepohonan dan semak belukar. Pada bencana ini, ada dua orang pemancing ikan yang tewas. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel