Media Ilmu Pengetahuan

Seputar Kurikulum 2013_Aneka Ilmu Pengetahuan Sekolah dan Umum_COVID-19_Coronavirus_Poster Corona

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10-12 SMA/MA/SMK Tentang Ancaman Sampah Plastik dan Pengelolaannya

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA/SMK Tentang Ancaman Sampah Plastik dan Pengelolaannya_(Pertanyaan pada Program Belajar dari Rumah di TVRI Hari Senin Tanggal 27 April 2020) Kompetensi Literasi:  (1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi; (2) menilai akurasi informasi dalam bacaan dan keragaman penggambaran masyarakat dalam teks;  (3) Menulis riset menggunakan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan dan metodologi sederhana; (4) mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi.
Soal Bahasa Indonesia Kelas 10, 11, dan 12 SMA-MA-SMK Tentang Ancaman Sampah Plastik dan Pengelolaannya

1. Plastik merupakan salah satu benda yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Selain memiliki manfaat yang beragam, tahukah teman kalau plastik juga menyimpan dampak buruk bagi tubuh kita? Oleh karena itu, cermatilah tayangan berikut mengenai Dampak Plastik bagi Kesehatan Kita. Kemudian catatlah pertanyaannya. Untuk menjawabnya kamu dapat berdiskusi dengan orang tua, saudara, atau mencarinya dari berbagai sumber.

Pertanyaan: Bagaimana cara plastik masuk ke dalam tubuh kita? Jelaskan! 

2. Setelah menyaksikan tayangan tersebut, tentunya teman-teman banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat serta mulai mengubah perilaku penggunaan barang plastik sekali pakai. Sekarang selesaikan tugas berikut dalam satu tulisan pendek. Tulis jawabanmu dalam tiga paragraf. Usahakan dalam satu paragraf minimal tiga kalimat dan hubungan antarkalimat saling terkait dan padu. Lalu tulis judulnya di bagian tengah atas.

Pertanyaan: Bagaimana perilaku dirimu, keluargamu, dan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalmu terhadap penggunaan sampah plastik sekali pakai? 

3. Bagaimana teman-teman, menarik ya informasi dari tayangan ini? Ternyata kantong plastik bisa dibuat jadi aspal. Tentunya kamu terinspirasi untuk melakukan penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati. Penelitian  tidak harus dilakukan di tempat yang jauh, tempat yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu pun bisa. Jangan lupa membaca berbagai sumber sebagai landasan teori dan contoh-contoh penelitian yang sudah ada. Kamu bisa juga bertanya kepada orang tua, saudara, teman, atau guru.

Pertanyaan: Buatlah penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati! Identiļ¬kasi masalahnya, susun kerangka pemikiran, rumuskan hipotesis, uji hipotesis, lakukan pembahasan, dan tarik kesimpulan dari penelitian ini.


4. Teman-teman, bagaimana tanggapanmu terhadap tayangan video tersebut? Pastinya bangga, ya. Limbah sampah plastik dapat diolah menjadi BBM. Untuk mengetahui pemahamanmu terhadap tayangan tersebut catatlah pertanyaan berikut. Diskusikan dengan orang tua, saudara, atau teman, dan sampaikan penjelasanmu dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Pertanyaan: Mengapa sampah plastik tidak disarankan untuk dibakar? 
Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share sosial media:

0 Komentar

Posting Komentar